Minggu, 19 Juni 2016

SEJARAH KEMERDEKAAN CINA

BAB I
PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang
Cina adalah salah satu sejarah kebu dayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami oleh manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu.Peradaban Cina berawal dari berbagai negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. Sejarah tertulis Cina dimulai sejak Dinasti Shang (k. 1750 SM - 1045 SM). Cangkang kura-kura dengan tulisan Cina kuno yang berasal dari Dinasti Shang memilikipenanggalan radiokarbon hingga 1500 SM
Budayasastra, dan filsafat Cina berkembang pada zaman Dinasti Zhou (1045 SM hingga 256 SM) yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilah tulisan Cina modern mulai berkembang.Dinasti Zhou terpecah menjadi beberapa negara kota, yang menciptakan Periode Negara Perang. Pada tahun 221 SMQin Shi Huang menyatukan berbagai kerajaan ini dan mendirikan kekaisaran pertama Cina. Pergantian dinasti dalam sejarah Cina telah mengembangkan suatu sistem birokrasi yang memungkinkan Kaisar Cina memiliki kendali langsung terhadap wilayah yang luas.

B.            Rumusan Masalah
a.       Bagaimana Sejarah Kemerdekaan Cina?
b.      Bagaimana Sejarah Kemenangan Komunisme?
c.       Apa itu Revolusi Kebudayaan?
C.            Tujuan penulisan
a.       Untuk Mengetahui Sejarah Kemerdekaan Cina.
b.      Untuk Mengetahui Sejarah Kemenangan Komunisme.
c.       Untuk Mengetahui Revolusi Kebudayaan.
BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sejarah Kemerdekaan Cina
China merupakan negara yang memiliki sejarah yang panjang dan sangat mempengaruhi sejarah-sejarah negara-negara lainnya.Sejarah China dimulai dari masa Dinasti sampai runtuhnya sistem kekaisaran Dinasti Manchu tahun 1912. Kemudian China menjadi sebuah negara nasionalis dibawah Sun Yat Sen. SetelahPerang Dunia IIPerang Saudara Cina antara Partai Komunis Cina  dan  Kuomintangberakhir pada  1949 dengan pihak komunis menguasai Cina Daratan dan Kuomintang menguasai Taiwan dan beberapa pulau-pulau lepas pantai di Fujian. Pada 1 Oktober1949, Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Cina dan mendirikan sebuahnegara komunis.
China dibawah kekuasaan komunisme, berkembang menjadi sebuah negara yang sangat ambisius.China menginginkan menjadi negara seperti Jerman dan Inggris.Maka untuk merealisasikan keinginannya itu Mao Zedong membuat beberapa kebijakan, misalnya menjalankan Lompatan Jauh Kedepan dan Revolusi Kebudayaan yang memakan ribuan korban jiwa, biaya ekonomi yang besar, dan rusaknya kebudayaan China. Lompatan Jauh Kedepan merupakan kebijakan yang dilakukan oleh Mao Zedong untuk menandingi ekonomi negara-negara eropa dibidang industri.Setelah kegagalan Lompatan Jauh Kedepan itu Mao Zedong beranggapan itu karena komunisme kurang menyebar di rakyat China, maka untuk lebih menyebarkan komunisme Mao Zedong menjalankan Revolusi Kebudayaan.
Kehidupan bermasyarakat China pada masa RRC pada umumnya dipengaruhi oleh komunisme.Dari aspek politik, RRC menjadi sebuah negara komunisme dengan sistim mono partai yaitu PKC. Dari aspek ekonomi, pada mulanya China menganut sistim ekonomi sosialis, tetapi pasca kegagalan semua kebijakan itu, pada tahun 1978, China berubah menjadi negara pragmatis, dimana ia menggunakan sistem pasar bebas tetapi idiologi negara tetap komunisme.
Pada aspek sosial, budaya, agama dan pendidikan, semua berdasarkan dan diatur oleh pemerintah dan komunisme.Masyarakat China mendapat tekanan dari komunisme khususnya dalam hal agama dan budaya.Pada bidang pendidikan, komunisme melarang katholik dan protestan turut campur dalam hal pendidikan, serta pola pendidikan barat diganti dengan pola pendidikan Uni Soviet.Komunisme menyederhanakan abjad China, dan menetapkan abjat China bagian Selatan sebagai abjad standar bagi tulisan-tulisan China.
Kekalahan demi kekalahan terhadap bangsa Barat, ketidak cakapan kaisar-kaisar terakhir pada Dinasti Qing dalam memerintah, serta penderitaan rakyat yang semakin menjadi-jadi pada masa itu, mengakibatkan menguatnya sentimen anti-Manchu, sehingga timbul berbagai pemberontakan dan gerakan rakyat. Merembesnya pengaruh pemikiran demokrasi Barat melalui daerah-daerah Ekstratoritarial asing yang sebagian besar terletak di selatan China menjadi sebab mengapa sebagian besar pemimpin pembaruan dan pergerakan berasal dari China Selatan.
 Menyadari kondisi yang sangat genting itu, kerajaan menjanjikan dibentuknya Dewan Rakyat ( semacam senat atau kongres di Barat yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil rakyat), namun Dewan Rakyat yang dijanjikan pada tahun 1906 itu baru berhasil dibentuk dalam tahun 1910 dan mengadakan sidang yang pertama. Pada kesempatan tersebut rakyat menuntut diadakannya kabinet atau dewan menteri. Tuntutan itu dikabulkan,tetapi rakyat tetap tidak puas , karena sebagai ketuanya diangkat Pangeran Jing yang terkenal korup. Selain itu, diantara 13 orang anggotanya hanya 4 orang saja yang merupakan bangsa Tionghoa, sedangkan sisanya keturunan Manchu.
Karena adanya ketidak-puasan rakyat ini, pemberontakan terus saja terjadi. Diantara semua pemimpin pemberontakan dan pergerakan, yang paling terkemuka adalah Sun Yat Sen. Sun yang pernah berdiam di daratan Eropa mempelajari berbagi pemikiran budaya Barat termasuk pemikiran sosialisme yang mendorong pemikirannya untuk memerdekakan China. Beliau juga mendirikan suatu perkumpulan bernama Zhongguo Dongmenghui, dimana anggotanya harus berikrar untuk:
1.            Mengusir bangsa Manchu
2.            Merebut kembali China bagii Bangsa Tionghoa
3.            Mendirikan suatu negara berbentuk Republik
4.            Menyama-ratakan kepemilikan tanah
Orang Tionghoa diluar negeri banyak memberikan dukungan dana sehingga memperlancar perjuangaannya.Sementara itu, kondisi dinasti Qing makin diperparah dengan gerakan menuntut otonomi yang dilakukan oleh brbagai provinsi, seperti di Sichuan. Perkumpulanter Dongmenghui yang diprakarsai oleh Dr. Sun Yat Sen merencanakan untuk mengadakan gerakan kembali pada akhir tahun tersebut. Mereka hendak merebut kota Wuchang di provinsi Hubei. Namun , karena daftar nama pemberontakan terburu jatuh ketangan pemerintah, gerakan tersebut harus segera dilaksanakan.
Pada tanggal 10 Oktober 1911, kaum pemberontak telah berhasil mengusai seluruh kota Wuchang. Padaa tanggal 22 Oktober Dewan Nasional mengadakan sidang darurat di Beijing, pada tanggal 27 Oktober, mereka pada hakikatnya menerima resolusi-resolusi yang menuntut agar kaum kaisar tidak diperkenankan menjadi anggota kabinet serta izin bagi pembentukan partai-partai politik. Satu bulan kemudian, yakni pada akhir Desember 1911, kemenangan telah berpihak pada kubu revolusioner. Pada tanggal 1 januari 1912 sepakat mengangkat  Dr. Sun Yat Sen sebagai presiden pemerintah sementara Republik Cina.



1.    RepublikCina di BawahPimpinan Sun YatSen
Dr Sun Yat Sen Lahir 12 November 1866 di Guang dong Cina, anak seorang petani miskin yang merantau ke Honolulu Hawai Amerika Serikat mengikuti kakak lelakinya untuk menempuh pendidikan. Sut Yat Sen kembali ke Cina tahun 1883, kemudian pindah ke Hongkong untuk menempuh pendidikan kedokteran hingga lulus tahun 1892. Dr Sun Yat Sangat terkenal karena ia merupakan tokoh nasional Cina yang berjuang untuk persatuan nasional Cina, pembangunan ekonomi, dan pembentukan pemerintahan republik. Ia sangat berpengaruh dalam sejarah Cina modern.
Dr Sun Yat Sen memutuskan meninggalkan dunia medis dan kembali ke Hawai mendirikan organisasi pergerakan untuk menjatuhkan penguasa Manchu.Langkah ini disebabkan kegundahannya melihat kemerosotan Cina pada masa dinasti Qing yang sangat korup.Setelah kekalahan Cina dalam perang Cina-Jepang tahun 1894-1895 Sun Yat Sen kembali ke Hongkong merancang pemberontakan Guangzhou.Walaupun usahanya ini gagal, namun semangat nasionalisme dan gerakan revolusioner mulai tumbuh di masyarakat Cina terutama di perantauan.Namanya terkenal di dunia internasional setelah ditahan oleh kedutaan Cina di London tahun 1896. Selama 16 tahun berikutnya ia banyak berkelana mempelajari secara intensif pemikiran politik dan ekonomi barat dan membangun arah politik dan ekonomi negerinya.
Sun Yat Sen banyak mendapat dukungan secara finansial, moral maupun politik dari dunia internasional.Banyak kolega, koneksi-koneksi luar negerinya yang memberikan bantuan seperti dari pemerintah Jepang tahun 1897. Para intelektual Cina di perantauan juga memberikan dukungan penuh sehingga tahun 1905 ia segera mendirikan T`ung meng Hui (Liga Revolusioner gabungan) yang memberjuangkan tiga visi yaitu nasionalisme, demokrasi dan kesejahteraan rakyat.
1 Januari 1912, Dr. Sun Yat Sen diambil sumpahnya sebagai presiden di Nanjing. Dengan demikian Republik China dapat dianggap mulai berdiri pada tanggal tersebut. Dr. Sun kemudian membentuk kabinet yang terdiri dari Huang Xing (menteri peperangan), Wu Dingfang (menteri luar negeri), Wang Zhonghui (menteri kehakiman), Cai Yuanpei (menteri pendidikan), Chen Jindao (menteri keuangan), Zhang Qian (menteri perdagangan dan industry), Dang Shouqian (menteri dalam negeri).

2.    Program Sun Yat Sen adalah :
Program Sun Yat Sen terdiri dari tiga prinsip dasar, Trisila rakyat, samin chu-i. Prinsip nasionalisme Min-tsu chu-I berarti pembebasan dari penjajahan asing oleh bangsa Manchu. Karena alasan taktis Sun Yat Sen tidak menentang Negara asing, menegaskan bahwa Cina akan tetap melaksanakan kewajiban perjanjian luar negeri – karena revolusi sama sekali tidak akan berhasil jika Negara asing dimusuhi. Sila yang kedua adalah kedaulatan rakyat,Min-ch’uun chu-I,yang berarti pelaksanaan secara bertahap dari system demokrasi barat. Tahap pertama setelah revolusi adalah revolusi militer,tahap kedua semacam demokrasi terpimpin  dan baru kemudian demokrasi penuh akan dipraktekkan.
Tata Negara akan terdiri dari lima ‘kekuasaan’ disamping trias politica Montesqieu (eksekutif,legislative,dan pengadilan) akandipertahankan dua unsur dari Negara Cina tradisional yaitu badan sensor,dan biro ujian untuk menyeleksi calon pegawai negeri.Akhirnya sila ketiga adalah prinsip kesejahteraan rakyat ,Min-seng chu-I,yang menjadi program sosia ekonomi dari partai.Dasar dari program tersebut adalah pendapat dari antara lain John Stuart Mill,bahwa nilai tanah akan naik dengan cepat sebagai akibat dari industrialisasi,dan pertambahan nilai tersebut akan digunakan oleh seluruh rakyat melalui system pajak tanah. Hal ini sekaligus akan memecahkan persoalan ketidaksamaan sosial.
Sementara itu, pemerintah Manchu makin menyadari bahwa kekuasaan mereka sudah sulit dipertahankan lagi, sehingga pada tanggal 12 Februari 1912, Ibusuri Long Yu terpaksa mengeluarkan sebuah maklumat yang juga ditandatangani oleh Yuan Shikai sebagai perdana menteri. Isi maklumat itu menyatakan bahwa ibusuri beserta kaisar Xuandong (Puyi) yang masih kanak-kanak menyerahkan kedaulatannya pada seluruh rakyat China.Dimaklumkan pula bahwa bentuk pemerintahan China selanjutnya adalah republik.Dengan demikian, peristiwa ini bukan saja merupakan akhir bagi dinasti Qing, melainkan juga sistem kekaisaran yang telah berlangsung di China selama ribuan tahun.Pihak istana lalu menyerahkan mandate pada Yuan Shikai untuk membangun pemerintahan sementara, tetapi mereka meminta agar kaisar tetap diizinkan menyandang gelarnya serta diberi gaji tahunan sebesar 4 juta $.Selain itu, keluarga kerajaan agar diizinkan tetap memiliki harta kekayannya.Kejatuhan Dinasti Qing ini dengan segera dikabarkan oleh Yuan pada Sun Di Nanjing.Dengan girang Sun menerima kabar itu dan menyetujui segenap permintaan pihak Qing. Pada tanggal 14 Februari Presiden Sun Yat Sen meletakkan jabatannya sebagai Presiden Sementara kepada Dewan Nasional di Nan King.Hal itu dikarenakan Sun ingin menepati janjinya kepada Yuan Shi Kai (tanggal 1 Januari 1912) untuk menjadikan Yuan sebagai Presiden pertama Republik Nasional Cina.Permintaan pemberhentian Dr. Sun di kabulkan pada tanggal 15 Februari 1912.Yuan Shi Kai diangkat menjadi Presiden dengan Li Yuanhong sebagai wakilnya.Sun menyatakan kalau Yuan telah berjasa besar dalam hal menjatuhkan kaisar Manchu dari tahta dan dalam hal mempersatukan Cina Utara dan Selatan.


B.       Kemenagan Komunis
Ketika Perang Dunia II berakhir, kaum komunis telah berhasil menguasai wilayah Cina bagian utara. Usaha untuk mengakhiri pertikaian di Cina setelah Perang Dunia II juga telah dicoba dilakukan. Amerika Serikat sebagai salah satu negara adidaya berusaha menghentikan perang saudara di Cina dengan mengirim Jenderal George C. Marshall ke Cina pada tahun 1946. Tugasnya adalah mengusahakan penyelesaian politik antara kaum nasionalis dan kaum komunis. Namun, usaha itu mengalami kegagalan. Keunggulan pasukan dan taktik yang jitu dari kaum komunis dan keberhasilan revolusi sosial berhasil mengalahkan kaum nasionalis.
Pasukan Mao Zedong setelah berhasil merebut Tientsin dan Beijing pada Januari 1949 berhasil memukul mundur pasukan kaum nasionalis ke wilayah selatan. Pada tanggal 1 Oktober 1949 Mao Zedong memproklamasikan berdirinya Republik Rakyat Cina dengan ibu kota Beijing. Sementara itu, Chiang Kai-shek dan para pengikutnya menyingkir ke Pulau Taiwan. Pemerintahan baru Cina ini mendapat dukungan militer dan ekonomi dari Uni Soviet. Kehadiran Cina dengan paham komunisnya tentu saja menjadi pesaing baru bagi Blok Barat.
Kemampuan Cina membangun angkatan bersenjata dengan personal yang besar, kemampuan tenaga ahlinya yang mampu membuat bom atom, dan keberhasilannya dalam menata kepemilikan tanah (landreform) menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Blok Barat. Suasana Perang Dingin di wilayah Asia makin mencekam setelah komunis Cina berusaha meluaskan ajaran Mao Zedong pada negara-negara berkembang lainnya.
Cina juga mulai melancarkan kebijakan ekspansi wilayah. Tibet adalah wilayah yang pertama terkena kebijakan ekspansi Cina (1950). Kekuatan Cina juga makin mengkhawatirkan Uni Soviet dan Amerika Serikat karena peranannya dalam Perang Korea (1950–1953) dan klaimnya atas wilayah Taiwan. Hubungan harmonis Cina dan Uni Soviet berakhir pada tahun 1960- an. Hal itu disebabkan Cina sangat mengecam kebijakan Uni Soviet untuk hidup berdampingan secara damai dengan Blok Barat. Cina beranggapan bahwa konfrontasi dengan Barat yang menganut demokrasi liberal adalah hal yang harus terjadi.
Cina bahkan menuduh Uni Soviet telah mengkhianati komunisme. Oleh karena kejadian tersebut, sejak tahun 1960 Uni Soviet menghentikan pengiriman para ahlinya ke Cina. Bahkan, Uni Soviet juga menolak membantu Cina ketika terjadi perang di perbatasan dengan India pada tahun 1962. Cina makin memusuhi Uni Soviet setelah negara itu menandatangani perjanjian kerja sama uji coba persenjataan nuklir pada tahun 1963. Pada tahun 1966 Mao Zedong berusaha mengembalikan Cina ke jalur revolusioner karena ia melihat adanya pergeseran dalam pola hidup masyarakat Cina. Untuk memenuhi ambisinya itu, Mao Zedong melaksanakan Revolusi Kebudayaan. Namun, usaha ini pun mengalami kegagalan. Oleh karena itu, Mao Zedong menggunakan kekuatan militer untuk membenahi keadaan.
Pada tahun 1970-an beberapa negara Barat seperti Kanada menjalin hubungan diplomatik dengan RRC. Pada tahun 1971 Amerika Serikat dan sekutunya menerima RRC sebagai anggota PBB menggantikan Taiwan. Pada tahun 1976 Mao Zedong meninggal dunia. Sepeninggalnya terjadi perebutan kekuasaan di Cina. Kaum moderat pimpinan Hua Guofeng dan kaum radikal pimpinan Jiang Qing, janda Mao Zedong berebut kekuasaan pemerintahan. Perebutan kekuasaan itu akhirnya dimenangkan oleh kelompok moderat.
Pada tanggal 1 Januari 1979, Cina di bawah pimpinan Deng Xiaoping membuka hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat. Meskipun Presiden Amerika Serikat, Richard M. Nixon pada tahun 1972 pernah mengunjungi Cina, kala itu Cina belum secara resmi menjalin hubungan diplomatik. Sepeninggal Mao Zedong, bangsa Cina banyak mengalami perubahan. Kaum moderat yang mendominasi Partai Komunis berusaha mengurangi kekaguman dan pengultusan terhadap pemimpin besar Mao Zedong. Pemerintah Cina juga menjalin hubungan dengan berbagai negara. Mereka juga berusaha memodernisasi Cina dengan menerima bantuan dari luar negeri.




C.    Revolusi Kebudayaan
Revolusi Kebudayaan merupakan revolusi di segala bidang untuk mengembalikan China kepada ajaran “Maoisme yang dirasakan semakin lama semakin luntur karena digerogoti oleh budaya Barat. Pada tahun 1966 China diramaikan dengan hiruk-pikuk gerakan anti kapitalisme. Tentara Merah menyerang para dosen, dokter, seniman, novelis, cendekiawan, tenaga-tenagaprofesional, danmereka yang dianggap tidak mewakili kaum proletar .Gonjang-ganjing terus berlangsung sampai tahun 1975 meski tak lagi diwarnai kekejaman. Selain menutup diri, negeri itu menolak segala yang berunsur Barat.
Pemimpin besar Mao Zedong (Presiden China pertama 1949-1958) memainkan peran penting sejak berdirinya Republik Rakyat China pada 1949. Ia menyingkirkan para pesaing dan musuhnya. Misalnya, ia menyerukangerakan Anti aliran kanan pada tahun 1957 untuk menyingkirkan  Zhou Enlai (PM China pertama pada 1949-1976), peloporgerakan “Seratus Bunga” tahun 1956. Mao memprakarsaigerakan “Lompatan Jauh ke depan” pada 1958 untuk memberi warna khusus bagi komunisme China. Berbeda dengan Soviet yang bertumpu pada industri berat, Mao menggalakkan pertanian yang ditunjang industri kecil di pedesaan.Bedanya kalau stalin hanya punya satu kaki, yakni industri berat; sedangkan kita punya dua kaki, yakni pertanian danin dustri kecil.
Mao menjejalkan aneka slogan. Para petaniharus “menggali lebih dalam” untuk meningkatkan hasil. Ladang-ladang harus bebas dari “empat makhluk jahat”:burung, tikus, serangga, danlalat. Maka sepanjang 1958 – 1961 jutaan serangga, tikus, lalat, dan burung dibantai.Saat itu juga kampa­nye baja dan besi pada tahun 1958, awal dari Lompatan Jauh ke depan, di mana setiap keluarga harus bekerja pada tungku pembuatan baja, dan setiap rumah tangga harus menyerahkan panci dan wajannya sehingga militer bisa menggunakan untuk bahan baku baja. Upaya itu berujung pada kegagalan besar. Para petani yang “menggali lebih dalam” belum sempat memetik hasil ketika mereka jatuh kelelahan. Punahnya burung berdampak pada terganggunya keseimbangan alam, sehingga belakangan burung dikeluarkan dari daftar “empat makhluk jahat”. Para pejabat sadar, ambisi Mao terlalu utopis.Tapi karena takut, mereka memberi laporan ABS (Asal Bapak Senang). Angka produksi digelembungkan, data dan foto hasil panen di rekayasa, sementara kenyataannya para petani menderita. Sepanjang 1958 – 1961 tak kurang dari 30 juta orang meninggal karena kelaparan; dan merupakan salah satu kelaparan massal terbu­ruk dalam sejarah manusia. Akhir 1958 Mao mundur dari jabatan sebagai pimpinan Partai Komunis China.Kongres Rakyat Nasionalme lantik  Liu Shaoqi  sebaga ipengganti Mao. Mao tetap menjadi Ketua Parta Komunis, namun dilepas dari tugas ekonomi sehari-hari yang dikontrol dengan lebih lunak oleh Liu Shaoqi, Deng Xiaoping dan lainnya yang memulai reformasi keuangan.


















BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Republik Cina berdiri dikarenakan Lenyapnya kepercayaan rakyat Cina terhadap Dinasti Manchu. Dinasti Manchu yang pernah membawa kejayaan Cina, kemudian menjadi pudar setelah kedua kaisar besar (K'ang Hsi dan Ch'ien Lung) meninggal.Akibatnya, lenyap pula kemakmuran Cina.2) Pemerintahan Manchu dianggap kolot dan telah bobrok. 3)  Adanya korupsi dan pemborosan yang merajalela, terutama di kalangan Istana Manchu. 4)  Munculnya kaum intelektual Cina. Mereka telah mengenal paham-paham Barat, seperti liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi.Dari kaum intelektual inilah kemudian muncul cita-cita untuk menggulingkan pemerintahan Manchu. Hal ini juga yang mendorong timbulnya banyak pemberontakan yang dilakukan oleh rakyat ditambah pula masuknya paham-paham Barat pada daerah ekstratorial di selatan China.Puncaknya adalah gerakan revolusioner yang didesuskan oleh Dr. Sun Yat Sen.
Revolusi Kebudayaan merupakan revolusi di segala bidang untuk mengembalikan China kepada ajaran “Maoisme yang dirasakan semakin lama semakin luntur karena digerogoti oleh budaya Barat.

B.   Saran
Penulis mengharapkan makalah ini dapat digunakan sebagaimana mestinya untuk menambah wawasan para pembaca tentang kemerdekaan Cina, kemenangan Komunisme dan Revolusi budaya Semoga dengan makalah ini dapat memotivasi para pembaca untuk lebih menghargai dan menghormati jasa-jasa para tokoh pendidikan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

Taniputera, ivan.  ( 2009 ). History of China. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hwa Kwang. ( 1991 ). Republik China Selayang Pandang.Taipe. Published by Kwang Hwa Publishing Company
indonesiadalamsejarah.blogspot.co.id/2010/02/tahap-awal-republik-china.html (diakses  Kamis, 25 Februari 2010 )
S,Agung,L, ( 2012 ). Sejarah Asia Timur 1. Yogyakarta: Ombak






12 komentar:

  1. WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D





    WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D






    WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D


    BalasHapus
  2. ===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

    DONACOPOKER merupakan web judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

    Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  3. PROMO NEW MEMBER 15%

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan terhadap permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di peserta judi online yg berperingkat International, sahih dan terpercaya hanya di agen bola deposit pulsa.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.com/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Daftar sekarang di Zeusbola.biz

    BalasHapus
  4. Halo buat para Pecinta Judi Online, kami mau memperkenalkan website Judi Online yang Terpercaya dan lagi banyak peminatnya nih, yaitu ZEUSBOLA.

    ZEUSBOLA adalah Situs Betting Online Terbaik dan Terpercaya di ASIA dengan minimal Deposit & Withdraw Rp 50.000,- Bukan itu saja ZEUSBOLA juga menyediakan Deposit VIA PULSA dengan Minimal Rp 25.000,-

    Hanya dengan 1 UserID, Anda sudah bisa bermain berbagai macam jenis permainan online kami yaitu :
    - SPORTBOOKS
    - LIVECASINO
    - IDNPOKER
    - SLOTGAME
    - TEMBAK IKAN
    - SABUNG AYAM ( S128 dan SV388 )
    - TANGKAS

    ZeusBola Juga Banyak Menyediakan Berbagai Promo-promo Menarik Seperti :
    - Bonus NEW MEMBER 15%
    - Bonus DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - Bonus CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - Bonus FREECHIP EXTRA !!

    Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami melalui :
    - Whatsapp : +62 813-3355-5996

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Deposit Via OVO


    Deposit Via Pulsa


    Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    BalasHapus
  5. DEPOSIT BISA VIA OVO!

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan terhadap pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di delegasi judi online yang berkelas International, sahih dan terpercaya hanya di zeusbola.

    Juga Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man untuk beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.info/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.info/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.info/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/


    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  6. Yakin anda selalu tidak hoki?? Kami tantang anda yang merasa selalu tidak hoki... Kami yakin tidak ada orang yang tidak hoki...disini akan kami adu hoki anda dengan hoki pemain lain...
    ==DONACOPOKER=
    Kami yakin anda lebih hoki bersama kami..!! sudah terbukti....


    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  7. Poker Ayam Juga Selalu Memberikan Informasi Freebet, Freechip, Koin Gratis Permainan Games Poker Uang Asli, Texas Holdem, Bandar Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino QQ, Kiu-Kiu, Kyu-Kyu Online, Games Khusus Samgong Online, Blackjack 21, dan Live Poker Online Serta Casino Wars Terpercaya di Indonesia.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Bonus Jackpot Poker Online
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  8. Permainan poker menjadi salah satunya jenis permainan yang cukup digemari oleh banyak kalangan. Bukan hanya oleh anak muda tetapi oleh orang-orang dewasa. Permainan ini tidak hanya dapat memberi keseruan serta kesenangan bagi siapa saja yang memainkannya, saat ini tersedia peluang untuk bisa memperoleh penghasilan.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Deposit Pakai Pulsa Di Agen Judi Online Terpercaya Pokervita


    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  9. ZeusBola - Situs Sabung Ayam, Casino, dan Slot
    Deposit via Pulsa Tanpa Potongan dan Emoney
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  10. Cari situs judi online yang menerima deposit pulsa terpercaya? Yuk gabung bersama Museumpoker Poker Pulsa Terpercaya Tanpa Potongan

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Freechip Deposit Via OVOpay 5%
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Pulsa

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker

    BalasHapus
  11. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS TOGEL TERPERCAYA 2021

    Gabung sekarang di Situs Togel Terpercaya MBO128
    Menyediakan Pasaran Togel Paling Lengkap.
    Menang berapa pun akan di bayar.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus